#

Laptops

shop with all senses

Beberapa Spesialisasi di bidang Kejahatan Cyber

Seperti halnya profesi seorang dokter yang spesialis dalam bidang-bidang tertentu seperti bedah, anak-anak atau tulang, maka di dunia kejahatan dunia maya (cyber) pun ada pembagian-pembagian fokus pada bidang-bidang tertentu.

Kejahatan cyber semakin banyak macamnya dan karena perkembangan zaman, seorang penjahat cyber akan mengalami kesulitan jika harus melakukan semua peran. Untuk itulah terdapat beberapa peran yang terlibat di dalam kejahatan cyber dan masing-masing peran tersebut memiliki tugas yang spesifik.

Steven R. Chabinsky, seorang pembantu wakil direktur FBI, saat menjadi pembicara di konferensi GovSec/FOSE di Washington D.C, Amerika Serikat, pada akhir bulan Maret lalu menjelaskan 10 spesialisasi yang dilihat oleh FBI terdapat di dunia kejahatan cyber.

Mereka adalah:

1.Coder atau programmer: "mereka yang menulis malware, eksploit dan tool-tool lainnya yang dibutuhkan untuk melakukan kejahatan."

2.Distributor atau vendor: "mereka yang memperdagangkan dan menjual data curian, dan bertindak sebagai penanggung dari barang-barang yang disediakan oleh bidang-bidang lainnya."

3.Techies: "mereka yang menjaga struktur kriminal, termasuk server, ISP yang bulletproof (tahan peluru) dan enkripsi; dan mereka yang memiliki pengetahuan umum tentang bahasa pemrograman database dan SQL server."

4.Hacker: "mereka yang mencari dan mengeksploitasi aplikasi, sistem dan kelemahan jaringan untuk mendapatkan akses administrator."

5.Fraudster: "mereka yang membuat dan menyebarkan skema 'social engineering', termasuk phishing, spamming (spam) dan domain squatting."

6.Hoster: "mereka yang menyediakan hosting 'aman' dari situs dan server dengan konten terlarang, terkadang melalui botnet yang rumit dan jaringan proxy."

7.Casher: "mereka yang mengontrol urusan rekening dan menyediakan nama serta rekening kepada para penjahat sebagai bayaran."

8.Money mules: "mereka yang melengkapi transfer uang atau tranfer kawat antar rekening bank.

9.Teller: "mereka yang membantu mentransfer dan mencuci uang haram melalui layanan tukar mata uang digital dan antar mata uang yang berbeda di dunia."

10.Leader: "mereka inilah kepalanya. Merekalah yang memilih target; memilih orang yang bekerja untuk mereka sesuai dengan bidangnya masing-masing; yang memutuskan harus melakukan apa, kapan, bagaimana dan dimana; dan mereka yang mengurus pegawai serta masalah pembayaran."

0 komentar:

Poskan Komentar

 






Pengikut

My Blog List

Mengenai Saya

Foto saya
jakarta selatan, Indonesia
- Ku ingin membahagiakan ke-2 orang tuaku... - Ku ingin m'berikan yang t'baik untuk orang - orang terdekatku & u/semuanya.. - Ku ingin lebih dekat dengan sang pencipta... - Ku hanya manusia biasa yang penuh dengan kekurangan.
Related Posts with Thumbnails