#

Laptops

shop with all senses

php

Apa sih PHP …?
PHP merupakan singkatan dari ” Hypertext Preprocessor”, PHP adalah sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Sebagian besar sintaksnya mirip dengan bahasa pemrograman C, Java, asp dan Perl, ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik dan mudah dimengerti.

Sejarah php

Sejarah PHP dimulai pada Tahun 1995, ketika Rasmus Lerdorf -seorang software development contractor - mengembangkan skrip Perl/CGI untuk mengetahui jumlah pembaca online resume-nya. Skrip tersebut mengerjakan dua hal : mencatat informasi pengunjung, dan menampilkan jumlah pengunjung ke halaman web. Waktu itu belum ada tools seperti yang dibuat oleh Rasmus, sehingga banyak developer yang mengirimkan e-mail ke Rasmus, menanyakan tentang skrip yang dibuatnya. Hal itulah yang membuat Rasmus melepas skripnya, dan diberi nama PHP (Personal Home Page).
Rasmus kemudian mulai mengembangkan banyak tambahan pada PHP, salah satu diantaranya adalah mengubah data yang dimasukkan dalam form HTML menjadi sebuah variabel. Pengubahan data ini nantinya akan memungkinkan user untuk mengekspor data ke dalam sistem mereka. Untuk menyelesaikan tambahan tersebut, Rasmus lebih memilih menggunakan bahasa C daripada Perl.
Tambahan terus-menerus kepada PHP toolset memuncak pada November 1997 dengan pelepasan PHP 2.0, atau Personal Home Page — Form Interpreter (PHP-FI). Peluncuran ini juga meningkatkan popularitas PHP, yang ditandai dengan banyaknya pengembangan dan perbaikan yang dilakukan oleh programmer di seluruh dunia.
Peluncuran PHP yang sedemikian populer, membuat sebuah tim developer bergabung dengan Rasmus. Mereka menjaga konsep penyisipan kode secara langsung ke dalam HTML, dan menulis kembali parsing engine-nya. Hal ini kemudian melahirkan PHP 3.0. Pada pelepasannya -ditahun 1998-, ada 50.000 user yang menggunakan PHP pada website mereka.
Pada tahun 1999, NetCraft mencatat ada 1.000.000 lebih pengguna PHP yang membuat PHP menjadi “the most popular scripting languages in the world”.
Dua pengembang inti PHP, Zeev Suraski dan Andi Gutmans, mengambil inisiatif untuk mempelopori pemikiran kembali tentang bagaimana PHP dioperasikan, dan kemudian mengenalkan Zend scripting engine.Hasilnya dapat dilihat dari peluncuran PHP 4

Kegunaan php

PHP kegunaannya untuk membuat tampilan web menjadi lebih dinamis, dengan php kita bisa menampilkan atau menjalankan beberapa file dalam 1 file dengan cara di include atau require, bingung kan… dan php itu sendiri sudah bisa beriteraksi dengan beberapa database walaupun dengan kelengkapan yang berbeda, yaitu seperti
•DBM,
•FilePro (Personic, Inc),
•Informix,
•Ingres,
•InterBase,
•Microsoft Access,
•MSSQL,
•MySQL,
•Oracle
•PostgrSQL,
•Sybase.
Jadi kita tidak perlu susah-susah menampilkan postingan kita dengan cara lama, yaitu dengan cara link ke file lain atau menggati file a dengan file b…, dengan PHP kita bisa menampilkan beberapa data dalam 1 file, jadi kita tidak usah-usah repot-repot membuat file baru kita bisa membuat 1 file tapi dalam 1 file itu bisa menampilkan banyak data, yaitu dengan bantuan database.

Kelebihan php

1.bisa bikin web kita jadi dinamis.
2.PHP dapat berjalan dalam web server yang berbeda dan dalam Sistem Operasi yang berbeda.
3.PHP diterbitkan secara gratis.
4.PHP dapat berjalan pada web server apapun. sperti: Apache, IIS, Microsoft Personal Web Server, dll.
5.PHP termasuk dalam Open Source Product dan telah mencapai versi 4.
6.Aplikasi PHP cukup cepat dibandingkan dengan aplikasi CGI dengan Perl atau Phyton bahkan lebih cepat disbanding dengan ASP maupun Java dalam berbagai aplikasi web.
7.Tersedia baik di Windows maupun Linux, walau saat ini paling efektif di web server Apache dan OS Linux.
8.Sintaks mirip C dan mudah dipelajari
9.Komunitas yang ramai dan saling membantu, seperti di diskusiweb.com, phpbuilder.com, phpindo.com, dll

Kekuarangan php


1. kurang name spacing jadi kalo dikerjain beberapa orang agak ribet
2. PHP tu kurang konsisten
stau saya ada 3 konvensi penamaan fungsi
- digabungin semua ex: ambildata()
- camel : AmbilData()
- dibatasi underscore : ambil_data

php pake semua..

3.kode dan libary php tersebar.. (gak kayak perl yang terpusat di cpan)
4.dua hal yang jadi momok bagi php Magic quote dan register global.
mudah2an di php 6 di hilangin

Alasan memakai php

1.Mengoptimalkan hal yang benar
Port dari aplikasi, tempat berkomunikasi dengan dunia luar, lebih cenderung membutuhkan optimasi dan caching: layanan web dan panggilan database yang menjadi hambatan paling populer. Juga operasi kalkulus intensif dapat dipindahkan dengan ekstensi C, tetapi ini bukanlah kasus umum. Mayoritas aplikasi php hanya berurusan dengan data, dan database jembatan dan layanan lainnya dengan pengguna akhir.

2.Powerfull perpustakaan
Biaya solusi yang populer berasal dari semua fitur yang disertakan dan bahwa kita tidak memanfaatkan. Tapi beban pemeliharaan diurus oleh para pengembang inti dari kerangka dan oleh masyarakat.

3.Obyek model
kerangka Php menyediakan perpustakaan berorientasi obyek dasar, bahkan hanya dengan membungkus fungsi php asli. Hal ini diperlukan karena berurusan dengan model objek.
Ini berarti menggunakan pendekatan object-oriented dan memproduksi kelas bukan fungsi. Untuk kepentingan pengujian unit dan decoupled desain, infrastruktur model obyek harus juga berorientasi obyek.

4.Standardisasi
Jelas seorang pengembang Zend Framework dapat bekerja pada banyak aplikasi yang mengandalkan komponen: kemampuan dan pengetahuan yang berharga pada berbagai codebases
5.Keluwesan
Kerangka php mengisi lubang-lubang dalam bahasa php.
(dari berbagai sumber)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

tugas saya jadi terselesaikan gan, makase

Purnawarman mengatakan...

Bagi yang ingin mengikuti training Scriptcase bisa mengunjungi website www.OwenSolution.com

Poskan Komentar

 






Pengikut

My Blog List

Mengenai Saya

Foto saya
jakarta selatan, Indonesia
- Ku ingin membahagiakan ke-2 orang tuaku... - Ku ingin m'berikan yang t'baik untuk orang - orang terdekatku & u/semuanya.. - Ku ingin lebih dekat dengan sang pencipta... - Ku hanya manusia biasa yang penuh dengan kekurangan.
Related Posts with Thumbnails