#

Laptops

shop with all senses

Ternyata Prosessor Dual Core lebih cepat dari Quad Core




Saat ini semakin banyak orang salah persepsi tentang perbedaan kinerja sejati antara prosesor dual core dan quad core.
Jujur saja, ada banyak orang di luar sana yang berpikir bahwa sistem komputer dengan prosesor quad core "lebih baik" dari prosesor dual core hanya karena memiliki 2 kali inti lebih banyak.

dengan tidak mempersalahkan mereka, mungkin karena mereka ingat peribahasa "Dua kepala lebih baik daripada satu" apalagi kalo ada 4 kepala pasti lebih cepat :)

Fakta prosesor multi-core

Baiklah kita bandingkan saja dua Prosesor Intel yang banyak dipakai saat ini.

Intel Core 2 Duo E7500 2,93 GHz per core dengan 3MB L2 Cache dibandrol $120 di Bhinneka.com.

Sebagai perbandingannya, Intel Core 2 Quad Q8400 adalah 2,66 GHz per core dengan L2 Cache 4MB yang dijual $ 174 di Bhinneka. Karena L2 Cache dibagi sama ke dalam inti masing-masing, kedua prosesor pada dasarnya memiliki jumlah cache yang hampir sama(E7500 sedikit lebih besar), membuat mereka menjadi prosesor yang hampir sama kecuali jumlah core mereka. Karena kecepatan prosessor masing-masing adalah sekitar 2,6 GHz untuk kedua prosesor, apakah ini berarti bahwa quad core dua kali lebih cepat dari prosesor dual core?

Jawabannya adalah tidak! Ini adalah kesalahpahaman utama orang-orang mengenai prosesor dengan multi-core. Anda tidak melipatgandakan kecepatan satu core dengan jumlah core yg dimiliki untuk mendapatkan "jumlah" kecepatan prosesor multi-core.

Dua prosesor dalam contoh ini benar-benar tampil di kecepatan yang hampir sama.

Sebenarnya, kurang dari 1% dari software yang beredar di pasar dapat memanfaatkan beberapa core (Untuk dual Core lebih banyak, sedangkan 4 core sangat jarang), yang berarti bahwa sebagian besar program-program kamu (malah mungkin semuanya) hanya dapat dijalankan di salah satu inti prosesor saja. Ini berarti bahwa kecepatan program Anda sepenuhnya tergantung pada kecepatan satu inti. Anda mungkin berkata "terus bagaimana kalau saya menjalankan banyak program dengan bersamaan(istilah kerennya multitasking)"

Kenyataannya adalah, kebanyakan program dapat melakukan tugas lebih cepat dari yang Anda dapat beralih ke program lain. Pengecualian yang paling menonjol terhadap apa yang saya katakan sebelumnya adalah pada software editing video dan foto (dan beberapa game), yang biasanya memanfaatkan semua core prosessor Anda.

Secara Realistis, Anda tidak akan merasakan perbedaan kecepatan antara sistem dengan prosesor dual core dan sistem dengan prosesor quad core, kecuali jika Anda menjalankan software video/photo editing.
Produsen prosesor (Intel, AMD) sebenarnya menyadari hal ini, tapi apa peduli mereka, selama prosesor mereka laku dan diterima dipasar mereka tidak ada masalah.

Jadi intinya adalah Jangan habiskan uang Anda pada prosesor Quad core kecuali kamu membuat dan mengedit video secara profesional, atau menjalankan software khusus yang bisa memanfaatkan semua core prosessor. Anda lebih baik menghabiskan uang Anda untuk prosesor dengan dual core atau sistem dengan GHz dan cache L2 yang lebih tinggi.

1 komentar:

safrudin mengatakan...

Thank's sob infonya , jadi tahu nich sedikit banyak tentang ilmu komputer biar nanti kalau beli g ketipu he...he...

Poskan Komentar

 






Pengikut

My Blog List

Mengenai Saya

Foto saya
jakarta selatan, Indonesia
- Ku ingin membahagiakan ke-2 orang tuaku... - Ku ingin m'berikan yang t'baik untuk orang - orang terdekatku & u/semuanya.. - Ku ingin lebih dekat dengan sang pencipta... - Ku hanya manusia biasa yang penuh dengan kekurangan.
Related Posts with Thumbnails