#

Laptops

shop with all senses

Jangan Terlalu Lama di depan Komputer




Hati-hati bagi yang menghabiskan waktu terlalu lama di depan komputer. Coba perhatikan apa yang didapat oleh sebuah riset di Los Angeles.?

National Institute of Occupational Safety and Health Los Angeles telah melakukan riset yang hasilnya menunjukkan: hampir 88 persen dari seluruh pengguna komputer mengalami computer vision syndrome (CVS), yaitu suatu kondisi yang timbul karena kita terlalu lama memfokuskan mata ke layar komputer.
Seperti apa ciri-ciri dari sindrom ini? Jika Anda merasakan pandangan kabur dan tak jarang sampai menyebabkan rasa nyeri di kepala, sakit leher, mata terasa lelah, kering, dan teriritasi serta sulit untuk kembali memfokuskan pandangan.

Jika Anda mengalaminya, sebaiknya Anda mulai melakukan langkah-langkah penanggulangan.

Seorang ahli masalah mata (Optometrist) Dr. Jay Schlanger mengatakan, terlalu sering melihat layar komputer akan berdampak buruk pada mata.

“Mata kita tidak dikondisikan untuk terus-menerus melihat layar komputer, delapan jam sehari,” ujarnya.

Schlanger menyarankan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memakai kacamata dengan lensa khusus untuk komputer. “Beberapa perusahaan kini mulai membuat lensa yang bagian atasnya dirancang untuk melihat komputer, dan bagian bawahnya untuk membaca, ini dinamai kacamata kantor,” kata Schlanger.

Pengguna lensa kontak juga punya solusi, yaitu dengan mengganti lensa kontak generasi baru yang terbuat dari silikon hydrogel. “Silikon jenis ini memungkinkan daya transmisi oksigen yang lebih tinggi dibanding jenis lain,” ungkap Schlanger.

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengalihkan pandangan dari layar komputer. Selain itu, minumlah banyak air putih selama di kantor. Ini membantu tubuh tidak kekurangan cairan, sehingga ada cukup persediaan air yang memudahkan tubuh menghasilkan air mata, dan menjaga agar mata tidak kering.

Sudut pandangan ke komputer juga harus tepat, bagian atas layar komputer harus sejajar dengan mata. Sesuaikan tingkat terang/gelap layar, dan pastikan tidak ada pantulan yang menyilaukan dari sumber cahaya lain.
(ICTF)

1 komentar:

PuM2 mengatakan...

Thx atas infonya... saya mau buru2 istirahat nih jadinya...

Poskan Komentar

 






Pengikut

My Blog List

Mengenai Saya

Foto Saya
jakarta selatan, Indonesia
- Ku ingin membahagiakan ke-2 orang tuaku... - Ku ingin m'berikan yang t'baik untuk orang - orang terdekatku & u/semuanya.. - Ku ingin lebih dekat dengan sang pencipta... - Ku hanya manusia biasa yang penuh dengan kekurangan.
Related Posts with Thumbnails