#

Laptops

shop with all senses

Kunci dan Menyembunyikan Rumus Excel





Selagi bekerja dengan rumus di Excel, mungkin Anda merasa perlu untuk menyimpan dan memproteksinya supaya tidak terjadi perubahan ketika Anda ingin menggunakannya kembali. Bagaimana caranya?

Begini caranya.
• Mula-mula, blok dulu sel yang rumusnya ingin Anda sembunyikan.
• Pilih “Format > Cell”, dilanjutkan dengan mengklik tab “Protection”. Aktifkan “Locked” untuk menguncinya dan “Hidden” untuk menyembunyikannya, lalu klik “OK”.
• Pastikan sel lain tidak ikut terkunci agar sewaktu-waktu Anda dapat mengubah data yang ada (Locked tidak aktif, karena default-nya Locked aktif) yaitu dengan memblok semua sel yang tidak akan dikunci. Ingat, jangan aktifkan Locked dan Hidden.
• Pilih “Tools > Protection > Protect Sheet…”. Akan muncul kotak dialog “Protect Sheet”. Aktifkan “Contents”, kemudian ketik password yang akan digunakan, diakhiri dengan “OK”. Akan muncul kotak dialog “Confirm Password” untuk memastikan. Ketik kembali password yang sama, lalu tekan “OK”. Simsalabim! Rumus akan menghilang dengan tiba-tiba.
• Untuk memunculkannya kembali, pilih “Tools > Protection > Unprotect Sheet…”. Masukkan password, lalu klik “OK”. Tada! Rumus akan muncul kembali
smbr:PCPlus

1 komentar:

Warna Tulisan mengatakan...

tipsnya sangat bermanfaat, thanks sahabat

Poskan Komentar

 






Pengikut

My Blog List

Mengenai Saya

Foto saya
jakarta selatan, Indonesia
- Ku ingin membahagiakan ke-2 orang tuaku... - Ku ingin m'berikan yang t'baik untuk orang - orang terdekatku & u/semuanya.. - Ku ingin lebih dekat dengan sang pencipta... - Ku hanya manusia biasa yang penuh dengan kekurangan.
Related Posts with Thumbnails