#

Laptops

shop with all senses

WIMAX : SOLUSI INTERNET MASA DEPAN




Wimax merupakan kepanjangan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access. Menurut Pareek Deepak Wimax adalah teknologi nirkabel (tanpa kabel) yang mengoptimalkan pelayanan IP Centrik untuk daerah yang luas. Seperti halnya wifi (Wireless Fidelity) yang membedakannya hanya pada jangkauannya saja kalau Wifi hanya berjarak kurang lebih 1 Km, namun Wimax bisa menjangkau jaringan yang luas bisa mencapai radius hingga 50 Km dengan Kecepatan Transfer kurang lebih 70 MBps, dengan kecepatan yang cukup stabil. Menurut sebuah organisasi internasional IEEE (Institute of Electrical and Electronics Enginers) Wimax di standarisasi sebagai IEEE 802.16 yang termasuk pada golongan Broadband Wireless atau teknologi berbasis 4G.

Macam-macam Frekuensi pada Wimax :

a) 2.3 Ghz band
b) 2.5 Ghz band
c) 3.4 – 3.6 Ghz band
d) 5.8 Ghz band
e) Optional : 4.9 – 5.0 Ghz
f) Optional : 700 Mhz
g) Optional : 3.3 Ghz band
Contoh Negara yang sudah menggunakan teknologi Wimax ini :
1. Singapura : 2.3 Ghz dan 2.5 Ghz
2. Uni Eropa : 3.4 – 3.6 ghz band
3. Australia : 3.5 Ghz band
4. USA dan Canada : 700 Mhz, 2.5 Ghz band
5. Indonesia : Tampaknya akan menggunakan 2.3 Ghz band (untuk mobile) dan 3.3 Ghz band (untuk yang pasti) karena band yang lain telah digunakan oleh negara lain ( menurut info yang didapat proses tender telah selesai, tapi masih ada masalah dengan infrastrukturnya ).
Bisa kita bayangkan apabila Wimax ini sudah ada di Indonesia kayaknya tidak ada lagi istilah loading ketika berselancar di dunia maya, karena yang saya pernah dengar bahwa kecepatan akses fiber optik nya, mampu mendekati kecepatan cahaya. Waw kalau begitu ketika download lagu, download film 2012 yang kapasitasnya ber Giga-giga hanya dalam waktu singkat, dan duniapun terasa sangat dekat tanpa terhalang ruang dan waktu, mengingat wimax ini menyempurnakan jaringan internet sebelumnya yang bernama HSUPA (High Speed Uplink Packet Access) yang termasuk pada golongan 3.75 G. Kapan ya, WIMAX ada Di INDONESIA ??

1 komentar:

Piet Puu mengatakan...

hahahaha.... :D
klo wmax ada di indonesia pasti budgetnya SELANGIT bang.... hohoho
indo indo serba telat dan serba mahal...
nice posting bang ^_^

Poskan Komentar

 






Pengikut

My Blog List

Mengenai Saya

Foto saya
jakarta selatan, Indonesia
- Ku ingin membahagiakan ke-2 orang tuaku... - Ku ingin m'berikan yang t'baik untuk orang - orang terdekatku & u/semuanya.. - Ku ingin lebih dekat dengan sang pencipta... - Ku hanya manusia biasa yang penuh dengan kekurangan.
Related Posts with Thumbnails