#

Laptops

shop with all senses

Tips Rahasia Merawat Flashdisk di balik teknologi-nya yang berkembang pesat





Media penyimpanan yang satu ini kini telah memasyarakat. Flasdisk bukan lagi barang langka. Di dunia pertumbuhan produk flashdisk berkembang dengan pesat. Dulu mungkin orang yang menggunakan flasdisk 1GB sangat langka ditemui. Namun sekarang seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat yang meningkat memori flshdisk meningkat secara tajam, banyak vendor yang berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk terbaik mereka dengan memori yang tentunya jauh lebih besar dan kecanggihan teknologi di dalamnya.

Kita ambil contoh teknologi blue ray, teknologi blue ray telah meliris versi terbaru mereka yang berkapasitas 500 GB itupun agustus 2008 yang lalu. Ketika itu Blue ray memiliki 20 layer dan setiap layer mampu menyimpan memori sebesar 25 giga. Bagaimana dengan sekarang tahun 2010. Belum lagi teknologi programmable metallization cell, sebut saja teknologi PMC, kini sedang mengembangkan USB dengan kapasitas 1 Theta byte (1Tb = 1000GB). Tenologi ini diharapkan mampu mengatasi kebutuhan kapasitas yang semakin besar baik untuk game, film, maupun penyimpanan data.

Sungguh tidak akan ada habisnya jika kita berbicara mengenai perkembangan teknologi flash memory ini. Market bisnis flashdisk ini memang sangat bagus sejalan dengan kebutuhan masyrakat akan media penyimpanan data yang praktis dengan kapasitas yang besar. Dengan flasdisk masyarakat kini memiliki kemudahan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer yang lain.

Hanya saja flashdisk juga membutuhkan perawatan dan hal ini lah yang kurang diperhatikan oleh pengguna khususnya masyarakat Indonesia yang cenderung konsumer. Bayangkan jika flashdisk kita rusak sementara banyak file-file penting yang ada di dalamnya,Sangat penting untuk mejaga keawetan dan performa flshdisk yang kita miliki.

1. Jauhkan Flashdisk anda dari Medan Magnet yang kuat
Hal ini sama seperti peralatan elektronik lainnya. Misalnya jangan meletakkan flasdisk dan handphone ditempat yang sama sebab Handphone anda memiliki medan maknet yang kuat yang dapat berpengaruh pada flshdisk.

2. Selalu eject atau Stop jika selesai menggunakan
Saat anda mencabut flashdisk dari port USB computer anda, selalu gunakan proses eject atau stop. Jika anda langsung mencabut tanpa melakukan proses ini selain bisa membuat flshdisk anada rusak juga dapat mempengaruhi “kestabilan” file data yang ada didalamnya.

3. Scan Virus secara rutin menggunakan antivirus yang update.
Flashdisk jelas memiliki resiko yang tinggi terhadap virus. Terlebih lagi untu transfer data antara beberapa computer yang kita tidak tahu kebersihan virusnya, misalnya data dari warnet (Kecenderungan warnet mempunyai virus dan ganas). Dan ini akan merusak data anda di dalam flashdisk juga bisa merusak komponen flashdisk dan bisa berakibat flshdisk menjadi malfunction.

4. Hindari Tempat bertemperatur panas
Flashdisk sangat rentan dengan temperature yang panas, apalagi sinar matahari langsung.

5. Jangan sampai terkena air
Flashdisk juga rentan dengan air, beberapa kali tercelup mungkin data aman (tergantung kualitas flashdisk juga) namun jika sering-sering basah atau terendam air akan membahayakan data anda. Untuk amannya hindari terkena air.

6. Kurangi write and delete
Realibilitas atau kehandalan flshdisk tentu memiliki batas yang berbeda-beda untuk kemampuan write and delete. Namun biasanya usia flashdisk antara 10.000-100.000 kali proses hapus dan tulis. Jadi usahakanuntuk meminimalisir frekuensi proses tersebut. Meskipun itu sulit buat kita kecuali flashdisk yang kita memiliki memory nya besar. Dan satu lagi jangan mengedit langsung suatu data yang terbuka dari flashdisk.

Selain tips diatas rahasia merawat flasdisk juga sangat tergantung pada kualitas dan merk flshdisk itu sendiri.

2 komentar:

Rkeyla mengatakan...

oke banget tipsnya
thank's yach kawand

Nadine mengatakan...

Thanks ya tips nya. aku punya Flash disk aet banget loh dari tahun 2002 sampai skr, ketauan dong udah jadul flashdisk nya :)

Poskan Komentar

 






Pengikut

My Blog List

Mengenai Saya

Foto saya
jakarta selatan, Indonesia
- Ku ingin membahagiakan ke-2 orang tuaku... - Ku ingin m'berikan yang t'baik untuk orang - orang terdekatku & u/semuanya.. - Ku ingin lebih dekat dengan sang pencipta... - Ku hanya manusia biasa yang penuh dengan kekurangan.
Related Posts with Thumbnails