#

Laptops

shop with all senses

Tutorial Java Bagian 1: Konsep Pemrograman Berorientasi Objek(OOP)



Istilah OOP dalam bidang programming bukan hal yang baru lagi. Lalu apa sebenarnya OOP itu. OOP atau Object Oriented Program adalah salah satu tehnik pemrograman dengan menciptakan class atau blueprint dari suatu objek. Class disini berfungsi sebagai dasar dari penciptaan object-object lain yang sejenis.

Sebagai contoh terdapat class Binatang. Class binatang sebagai blueprint dari seluruh binatang yang ada dibumi. Pada binatang terdapat atribut-atribut, misal atribut kaki, telinga, mata, ekor, umur, warna dan lainnya. Atribut pada OOP disebut juga sebagai variable. Pada binatang yang hidup dapat melakukan suatu gerak atau aktifitas yang disebut behavior(dalam OOP kita sebut Method).

1. Class



Apabila bagan tersebut diatas kita konversi ke bentuk program berbasis OOP, maka class atau blueprint dari binatang sebagai berikut:
Class binatang

public class Binatang{
String nama;
int kaki;
String telinga;
String mata;
}


Class Binatang adalah blueprint atau cetakan yang akan menghasilkan objek, dan binatang kucing, sapi, kuda, ayam, burung dan lain-lain adalah contoh objek.

Hasil dari blueprint yang berupa objek seperti kucing misalnya, masih dapat diturunkan menjadi objek-objek turunan. Dalam OOP yang kita kenal dengan inheritance.

Untuk lebih mendalami konsep OOP, perhatikan contoh program berikut ini:
Class Binatang(simpan dengan nama file Binatang.java)

public class Binatang{
//attribute object
String nama;
int kaki;
String telinga;
String mata;
}


Listing program dibawah ini digunakan untuk create, modifikasi, pemanggilan objek(simpan dengan nama MethodBinatang.java)

public class MethodBinatang{
public satic void main(String[] args){
//create object
Binatang kucing = new Binatang();
//init objek kucing
kucing.nama = “Anggora”;
kucing.kaki = 4;
kucing.telinga = “Panjang”;
kucing.mata = “coklat”;

//pencetakan atau pemanggilan atribut dari objek kucing.
System.out.println(“Jenis kucing : “+ kucing.nama”);
System.out.println(“Kaki kucing : “ +kucing.kaki);
System.out.println(“Telinga kucing : “+ kucing.telinga);
System.out.println(“Mata kucing : “+ kucing.mata);
}
}


Hasil dari listing program diatas.

run:
Jenis kucing : Anggora
Kaki kucing : 4
Telinga kucing : Panjang
Mata kucing : coklat
BUILD SUCCESSFUL (total time: 0 seconds)


2. Method
Method adalah aktifitas dari sebuah atau lebih objek, dimana aktifitas dari objek juga dapat diturunkan ke objek anaknya. Berbicara tentang method berarti kita bicara tentang kemampuan dari objek dalam melakukan aktifitasnya. Untuk objek yang sama dan dari turunan yang sama dapat memiliki perilaku yang berbeda. Sebagai contoh ada dua ekor anak kucing dengan induk yang sama, tetapi kucing yang lebih tua cenderung lebih friendly dengan manusia(sebagai contoh sikap adaptasi terhadap lingkungan). Bila objek diatas kita tambahkan method bahwa kucing memiliki kemampuan lari, lompat, mencakar dan bunyi.

Perhatikan contoh method berikut:
Nama file Binatang.java

//blueprint binatang
public class Binatang{
//attribute object
String nama;
int kaki;
String telinga;
String mata;

//mendefinisikan method
void printDataBinatang(){
System.out.println(“Nama Binatang : “+ nama);
System.out.println(“Jumlah kaki : “+ kaki);
System.out.println(“Bentuk telinga : “+ telinga);
System.out.println(“Warna mata : “+ mata);
}
}


Pemanggilan dan inisialisasi method
Nama file MethodBinatang.java

public class MethodBinatang{
public satic void main(String[] args){
//create object
Binatang kucing = new Binatang();

//init objek kucing
kucing.nama = “Anggora”;
kucing.kaki = 4;
kucing.telinga = “Panjang”;
kucing.mata = “biru”;

//pencetakan dengan memanggil method objek kucing.
printDataBinatang();
}
}


Hasil dari listing program diatas.

run:
Nama Binatang : Anggora
Jumlah kaki : 4
Bentuk telinga : Panjang
Warna mata : coklat
BUILD SUCCESSFUL (total time: 1 second)


3. Konstruktor
Dalam OOP terdapat istilah konstruktor, destruktor. Konstruktor adalah inisialisasi objek saat diciptakan sebagai persiapan yang diperlukan oleh suatu objek agar berfungsi dengan baik. Syarat suatu function disebut sebagai konstruktor(perancangan).

1.Nama konstruktor harus sama dengan nama class
2.Tidak menspesifikasikan tipe data yang dikirim, sebab konstruktor dapat berupa function tanpa parameter.

Perhatikan contoh konstruktor dari class binatang berikut.
Nama file Binatang.java

public class Binatang{ //blueprint binatang
//attribute object
String nama;
int kaki;
String telinga;
String mata;

//membuat konstruktor tanpa parameter
//biasanya digunakan sebagai init default variable
public Binatang(){
this.nama = “”;
this.kaki = 0;
this.telinga = “”;
this.mata = “”;
}

//konstruktor dengan 1 parameter
//disebut juga konstruktor overloading dan juga sebagai bentuk polymorphism
public Binatang(int param1){
this.kaki = param1;
}

//konstruktor dengan 1 parameter
//disebut juga konstruktor overloading
public Binatang(int param1){
this.kaki = param1;
}

//mendefinisikan method
void printDataBinatang(){
System.out.println(“Nama Binatang : “+ nama);
System.out.println(“Jumlah kaki : “+ kaki);
System.out.println(“Bentuk telinga : “+ telinga);
System.out.println(“Warna mata : “+ mata);
}

//method untukkonstruktor dengan satu parameter
void printDataBinatang(int param1){
System.out.println("Method dengan satu parameter");
System.out.println("Hanya punya kaki : "+ kaki);
}
}


Tambahkan pemanggilan method ke-2, nama file methodBinatang.java

public class MethodBinatang{
public satic void main(String[] args){
//create object
Binatang kucing = new Binatang();

//init objek kucing
int param1;
param1 = 1000;
kucing.nama = “Anggora”;
kucing.kaki = 4;
kucing.telinga = “Panjang”;
kucing.mata = “biru”;

//pencetakan dengan memanggil method objek kucing.
Kucing.printDataBinatang();

//pemanggilan method dengan satu parameter
kucing.printDataBinatang(param1);
}
}


Hasil dari listing program diatas.

run:
Nama Binatang : Anggora
Jumlah kaki : 4
Bentuk telinga : Panjang
Warna mata : coklat
Method dengan satu parameter
Hanya punya kaki : 1000
BUILD SUCCESSFUL (total time: 0 seconds)

1 komentar:

Chomisah Noer mengatakan...

Emm bingung melihatnya hehehh saking buaayaaaKnya
buat apaan sih??

Poskan Komentar

 






Pengikut

My Blog List

Mengenai Saya

Foto saya
jakarta selatan, Indonesia
- Ku ingin membahagiakan ke-2 orang tuaku... - Ku ingin m'berikan yang t'baik untuk orang - orang terdekatku & u/semuanya.. - Ku ingin lebih dekat dengan sang pencipta... - Ku hanya manusia biasa yang penuh dengan kekurangan.
Related Posts with Thumbnails