#

Laptops

shop with all senses

Software-software gratis portable untuk mengatasi masalah di komputer bagian 1




Menjadi seseorang yang memiliki keahlian di bidang komputer mungkin tidak selamanya enak. Salah satunya adalah permintaan 'jasa' untuk memperbaiki komputer ketika kita berkunjung ke rumah teman atau rumah saudara. Masalah komputer yang terbilang kecil seperti komputer yang crash, CD yang tidak bisa dibaca, lupa password dan masalah-masalah lainnya akan mereka kumpulkan dan sebutkan satu per satu, mungkin mumpung ada yang perbaiki. Sulit untuk menghindar dari hal seperti ini, sehingga sebaiknya kita bantu mereka dengan perbaikan yang cepat. Bagaimana caranya?

Selalu bawa flash disk USB kemana-mana dan tambahkan software-software gratis di bawah ini guna memperbaiki semua jenis masalah di komputer.



Cari tahu lebih

Tugas pertama kita dengan komputer yang bersikap aneh adalah mencari informasi lebih banyak tentang komputer itu. Speccy adalah sebuah tool sistem informasi yang akan membantu kita untuk hal ini. Berapa hard disk yang ada di komputer, berapa RAM yang digunakan dan sebagainya.



Minta bantuan antivirus

Gunakan antivirus portable seperti ClamWin dan McAfee Avert Stinger apabila komputer yang kita perbaiki tidak memiliki antivirus sama sekali.

Jika ada komputer yang terinstal antivirus palsu gunakan Remove Fake Antivirus untuk membasminya.

Sementara itu Security Scan dari Norton hanya akan mendeteksi ancaman saja, tidak menghapusnya namun perlu juga dicoba. Kunjungi halaman Security Scan, download dan instal ke komputer kita. Copy folder Norton Security Scan dari folder Program Files ke USB disk dan kita sudah bisa menjalankan program itu (nss.exe) untuk mengecek komputer yang bermasalah.


Dalami kemungkinan masalah dengan software yang ada

Komputer bermasalah tidak selalu diakibatkan oleh virus tapi bisa juga dari kesalahan konfigurasi. FixWin dirancang untuk memperbaiki semua masalah Windows yang umum, meliputi masalah Explorer, web dan konektivitas, Media Player dan banyak lagi - cukup cari masalahnya dan klik Fix untuk memperbaikinya.

Jika masalahnya terlampau berat maka kita pun perlu tahu bagaimana set up komputer tersebut. Gunakan AutoRuns untuk melihat apa saja yang berjalan ketika komputer pertama kali boot, lalu beralih ke Process Explorer untuk menemukan apa saja yang sebenarnya berjalan sekarang.



Perbaiki codecs kita


Jika komputer itu masalahnya tidak mau memainkan file video atau audio dengan benar maka kemungkinan ada masalah dengan codecs.

Kita dapat memecahkan masalah ini dengan menginstal paket codec baru, tapi itu juga beresiko. Cukup jalankan Codec Tweak Tool, sebuah versi mandiri dari utility troubleshooting yang hadir dengan bundelan K-Lite Codec Pack. Program ini akan men-scan masalah yang mungkin terjadi akibat beragamnya codecs dan filter, lalu memberikan laporan dan memperbaikinya.



Mengembalikan data di hard disk

Teman atau saudara kita panik karena tidak sengaja data penting mereka telah terhapus dan kebetulan hari itu juga kita berkunjung ke tempatnya. Dengan Recuva (pilih versi portable) kita akan mampu mengembalikan data yang ada di hard disk, memory card dan MP3 player dan melakukan mode 'deep scan' yang dapat mengembalikan file dimana tool-tool undelete lainnya tidak bisa.
eracompter.com

1 komentar:

my world mengatakan...

wah,,kayanya mas ini pinter tentang komputer nice share mas..mas mohon comentar balik ya digubuk aku,,tapi make bahasa inggris,,thanks sebelumnya,,ditunggu

Poskan Komentar

 






Pengikut

My Blog List

Mengenai Saya

Foto saya
jakarta selatan, Indonesia
- Ku ingin membahagiakan ke-2 orang tuaku... - Ku ingin m'berikan yang t'baik untuk orang - orang terdekatku & u/semuanya.. - Ku ingin lebih dekat dengan sang pencipta... - Ku hanya manusia biasa yang penuh dengan kekurangan.
Related Posts with Thumbnails