#

Laptops

shop with all senses

APLIKASI PHP dan MySQL dalam SITUS BERITA






Anda pasti sudah sering mengunjungi situs berita seperti detik.com (http://detik.com) atau kompas (http://kcm.com). Pada suatu situs berita akan ada halaman depan dimana pengunjung dapat membaca berita, selain itu juga ada halaman khusus untuk wartawan atau administrator untuk mengupdate berita, sehingga berita akan dengan mudah diupdate tanpa bersentuhan dengan HTML. Coba bayangkan apabila situs semacam detik.com harus selalu mengubah tampilannya dengan mengedit html, padahal masuknya berita baru hampir setiap 5 menit.

HTML, disini berperan sebagai desain yang akan dilihat user melalui browser. MySQL sebagai database penyimpan setiap berita yang masuk. Sedang PHP akan mengambil berita dari database(mySQL) kemudian menampilkan secara dinamis kedalam HTML yang akan dibaca user. Jadi, user hanya akan tahu adanya HTML, sedangkan PHP dan MySQL operasinya tersembunyi di server.

Stuktur Database

Petama-tama buatlah sebuah database dengan nama 'berita_db'. Kemudian buat sebuah tabel untuk menyimpan berita dengan nama 'berita'.

CREATE TABLE 'berita' (
'id' INT UNSIGNED NOT NULL AUTO_INCREMENT,
'judul' VARCHAR( 255 ) NOT NULL ,
'isi' TEXT NOT NULL,
'tanggal' DATE NOT NULL , PRIMARY KEY ( 'id' )
);



Struktur tabel berita.

Tabel berita terdiri dari 4 field, yang pertama adalah id, field id merupakan identitas dari tiap baris pada tabel berita. Field id bisa kita analogikan sebagai nomor KTP dari tiap penduduk, dimana setiap penduduk mempunyai nomor KTP yang berbeda sebagai identitas uniq. Field id mempunyai atribut AUTO_INCREMENT yang berarti setiap anda memasukkan(INSERT) baris baru pada tabel berita dan nilai id nya tidak ditentukan, maka secara otomatis MySQL akan memasukkan nilai id. Field kedua, yaitu judul, yang berisi judul dari berita. Field ketiga, dengann nama isi, nantinya akan digunakan untuk menyimpan isi dari berita. Sedangkan field terakhir, yaitu tanggal digunakan untuk menyimpan tanggal masuknya suatu berita.

Bagian Tampilan Berita

Disini kita akan membuat tampilan untuk situs berita kita, bagian inilah yang nantinya akan diakses oleh orang secara umum. Secara umum yang dilakukan oleh bagian ini adalah connect ke database, kemudian mengambil berita yang akan ditampilkan dari database, baru menuliskannya ke browser.

Connect database

Buatlah file dengan nama index.php. Untuk dapat connect ke database MySQL melalui PHP, harus dilakukan 2 langkah sbb:

1. Connect ke MySQL dengan memasukkan host, username MySQL, dan password.
sintaksnya adalah sebagai berikut:
mysql_connect('host', 'username', 'password');

2. Memilih database yang akan digunakan.
sintaks:
mysql_select_db('nama_database');

Mengambil data dari database

PHP menyediakan fungsi khusus untuk query database MySQL, yaitu :
mysql_query("perintah mysql");

Untuk mengambil data dari tabel berita, digunakan perintah SELECT, yaitu:
"SELECT * FROM berita ORDER BY id DESC"

Dalam bahasa keseharian kita, perintah SELECT tadi berarti memilih semua field dari tabel berita dan diurutkan berdasarkan id secara menurun (dari besar menuju kecil). Mengapa datanya diurutkan dari besar ke kecil? Karena situs berita pasti menampilkan data mulai dari yang terbaru hingga data yang paling lama, padahal baris terbaru pada tabel akan diletakkan pada bagian akhir tabel.

Perintah SQL tadi selanjutnya di query dengan menggunakan mysql_query, dan hasilnya disimpan kedalam suatu variabel, agar nantinya variabel ini dapat diolah untuk menampilkan hasil query tadi.

contoh :
$result = mysql_query("SELECT * FROM berita ORDER BY id DESC");

Menampilkan data ke browser

Setelah kita mengambil data dari database, selanjutnya adalah menampilkannya ke browser, sehingga pengunjung dapat membaca berita terbaru. Untuk menampilkan hasil query ke browser, caranya adalah dengan mengkonversi hasil query kedalam array, kemudian dengan peintah while dituliskan datanya ke browser. Sebaiknya kita langsung memperhatikan contohnya sebagai berikut:

while ($data = mysql_fetch_row($result)){
echo "";
echo " $data[1]
";
echo "$data[2]
";
echo "tanggal: $data[3]
";

mysql_fetch_row() adalah fungsi php yang digunakan untuk mengkonversi hasil query (pada contoh sebelumnya disimpan dalam variabel $result) kedalam array. Pada contoh diatas, hasil konversi yang berupa array disimpan dalam variabel $data. Kemudian program mengecek apakah proses pengkonversian berhasil, bila berhasil maka loop while dijalankan sehingga akan menuliskan nilai dari tiap nilai variabel array $data. Loop while akan terus berulang hingga mysql_fetch_row() mencapai baris terakhir dari data hasil query. Lalu apa yang dimaksud dengan $data[2], $data[3] dan semacamnya itu? $data[2] berarti isi dari field ketiga dari data hasil query select, ingat array secara default selalu diawali dari index 0. Jadi secara lengkapnya isi dari variabel array data adalah sebagai berikut:

$data[0] = nilai dari field id
$data[1] = nilai dari field judul
$data[2] = nilai dari field isi
$data[3] = nilai dari field tanggal
Perhatikan isi lengkap dari file index.php dibawah:

// file : index.php
// membuat halaman untuk menampilkan berita

?>









// connect ke database

mysql_connect("localhost", "oggix", "password");
mysql_select_db("berita_db");

// mengambil data dari tabel

$result = mysql_query("SELECT * FROM berita ORDER BY id DESC");

// mengkonversi data kedalam array, dan menampilkannya kebrowser

while ($data = mysql_fetch_row($result)){
echo "";
echo " $data[1]
";
echo "$data[2]
";
echo "tanggal: $data[3]
";
}

?>






Bagian Halaman Administrator/Wartawan

Pada bagian halaman administrator disediakan form untuk mengisi berita baru. Halaman ini tidak perlu dipublikasikan kepada khalayak, karena yang berhak mengisi berita hanyalah administrator dan wartawan situs berita anda. Secara umum yang dilakukan oleh bagian ini adalah setiap form berita diisi dan tombol submit diklik, maka program akan connect ke database, kemudian memasukkan isi dari form tadi ke database.

Membuat form isian berita

Pertama-tama buatlah sebuah form untuk mengisi berita, yang terdiri dari judul, isi berita, dan tombol submit. Form id dan tanggal tidak perlu dibuat karena field id akan diisi oleh MySQL secara otomatis, begitu pula field tanggal akan kita buat agar secara otomatis terisi tanggal pada saat itu.
www.sampara.com

4 komentar:

Anonim mengatakan...

ingin kursor bulu penanya buat website saya, gimana ya caranya?

Anonim mengatakan...

boleh juga nih artikel. Siap mencoba

:a7

Berita Unik Seru mengatakan...

makasih infonya :k3

edy kusuma mengatakan...

Artikelnya bagus, pengen cari kerja silahkan ke http://www.findgeek,com, disini banyak informasi lowongan kerja IT.

Poskan Komentar

 






Pengikut

My Blog List

Mengenai Saya

Foto saya
jakarta selatan, Indonesia
- Ku ingin membahagiakan ke-2 orang tuaku... - Ku ingin m'berikan yang t'baik untuk orang - orang terdekatku & u/semuanya.. - Ku ingin lebih dekat dengan sang pencipta... - Ku hanya manusia biasa yang penuh dengan kekurangan.
Related Posts with Thumbnails